Selasa, 17 Februari 2015

JEMBATAN UKAI OKURA

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Jalur interkoneksi yang dibangun di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Rumbai memotong masa tempuh pengendara ke Kabupaten Siak.

Jika sebelumnya ke Kabupaten Siak bisa memakan waktu satu jam, ke depan bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit atau setengah jam.

Pemangkasan jarak tempuh tersebut terjadi karena saat ini jembatan yang menghubungkan Kelurahan Tebing Tinggi Okura menuju Perawang, Kabupaten Siak sudah tuntas dibangun.

Ahad (6/4), Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT meresmikan penggunaan jembatan yang memiliki panjang 50 meter tersebut.

Pemangkasan jarak tersebut terbukti dengan jarak antara pusat Kota Pekanbaru ke Perawang hanya 30 kilometer. Jika melalui jalur umum sekitar 50 kilometer.

‘’Jembatan di Sungai Ukai yang terletak di Okura sudah selesai dibangun. Dengan ini, masyarakat yang mau ke Siak bisa lebih pendek jarak tempuhnya. Tinggal saat ini kami siapkan jalannya yang diperlebar sehingga kendaraan bisa lebih banyak melewatinya,’’ ujar Wako kepada Riau Pos.

Dijelaskan Firdaus, dengan hadirnya jembatan tersebut akan memberikan dampak positif untuk Kota Pekanbaru dan masyarakat, terutama di Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

Pasalnya, Jalan Tebing Tinggi ini akan menjadi akses alternatif yang unggul untuk jalur akses menuju ke Kabupaten Siak dan pintu masuk tol Pekanbaru-Dumai.

Berdasarkan penjelasan dari masyarakat, diperkirakan setiap harinya kendaraan yang melalui jalan tersebut sebelum adanya jembatan ini mencapai 200 hingga 400 kendaraan.

Melihat potensi tersebut diyakini hadirnya jembatan ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dijelaskan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber daya Air Pekanbaru Azmi ST MT, bangunan yang dibangun dengan konstruksi besi tersebut terlaksana selama lebih kurang lima bulan.

Total anggaran yang diproyeksikan dalam kegiatan tersebut dan masuk pada APBD Perubahan sebesar Rp6 miliar. Bangunan jembatan dibangun di atas Sungai Ukai, memiliki panjang 50 meter dan lebar lima meter.   

Selanjutnya, Pemko juga menyiapkan anggaran guna melakukan pelebaran Jalan Okura sepanjang enam kilometer yang akan diupayakan tahun ini.

‘’Jalan itu sudah selesai, tinggal pelebaran saja lagi. Tahun ini disiapkan anggarannya. Dengan akses masyarakat Pekanbaru ke Siak dan sebaliknya Siak ke Pekanbaru akan mudah dan cepat. Jalur ini juga akan menjadi akses menuju pintu masuk Tol Pekanbaru-Dumai nantinya,’’ terangnya.(yls)


SUMBER : http://riaupos.co/46072-berita-jembatan-ukai-okura-diresmikan.html

Tidak ada komentar: