Jumat, 20 Februari 2015

jembatan selopamioro

Jembatan Gantung Selopamioro atau biasa disebut juga Jembatan Seluk merupakan jembatan buatan militer yang berada di atas aliran sungai Oya. Jembatan Gantung ini sangat bermanfaat bagi warga sehingga akses menuju desa seberang menjadi lebih mudah. Dengan panjang 70 meter dan lebar yang tidak lebih dari 2 meter, jembatan gantung ini hanya bisa dilewati oleh sepeda motor saja. Jembatan Gantung Selopamioro dapat memperlanjcar perekonomian antara Desa Selopamioro dan Desa Sriharjo.
Dibangun sejak tahun 2004, Jembatan Gantung Selopamioro memudahkan penduduk dalam hal perekonomian. Anak-anak yang berangkat ke sekolah jugapanorama jembatan selopamioro bantul yogyakarta tidak lagi menyeberangi Sungai Oya yang tidak bisa dilewati ketika musim hujan. Penduduk yang akan pergi ke ladang yang berada di seberang desa juga tidak lagi memutar jalan. Sehingga segala akses antar desa menjadi semakin cepat dengan adanya Jembatan Gantung Selopamioro.
Jembatan Gantung Selopamioro berada di perbukitan karts. Sehingga menyajikan pemandangan yang sangat indah dan menawan jika dilihat dari jembatan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jembatan Gantung ini adalah pada sore hari. Dimana ketika matahari mulai condong ke barat dan memancarkan sinar orange kekuningannya yang membuat suasana menjadi semakin damai dan indah. Jembatang Gantung Selopamioro dicat dengan warna kuning. Warna yang mencolok ini membuat jembatan gantung lebih cantik dan tidak biasa. Karena warnanya yang indah dan berwarna inilah Jembatan Gantung Selopamioro pernah digunakan untuk foto prewedding dan salah satu operator telekomunikasi pernah melakukan iklannya di jembatan ini. Jembatan Selopamioro juga dikenal karena sering digunakan untuk syuting FTV dan video klip.
Objek Wisata
Desa wisata sport jembatan selopamioro bantul yogyakartabernama Srikeminut terbentuk pada tahun 2004, merupakan gabungan dari tiga dusun yaitu Sriharjo, Kedungmiri dan Wunut. Dengan menonjolkan Jembatan Gantung Selopamioro sebagai icon desa wisata Srikeminut. Selain jembatan, Desa Wisata Srikemut juga bekerjasama dengan pengelola wisata air. Sehingga dibuatlah tubbing ban atau rafting dengan ban sejauh 2 hingga 3 km menyusuri aliran Sungai Oya dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.
Terdapat wisata budaya yang dikembangkan di Desa Wisata Srikeminut yaitu klotekan, ketoprak, karawitan, gejek lesung, campursari dan jatilan. Semua wisata budaya tersebut merupakan seni tradisional yang dilestarikan oleh warga dan untuk menarik minat para pengunjung untuk berwisata. Selain seni tradisional, Desa Wisata Srikemut juga mengenalkan Air Terjun Sangupitu dan Terasiring Sangupati. Terasiring Sangupati ini merupakan bidang miring yang bertingkat-tingkat seperti tangga. Karena keunikannya itu, terasering ini menjadi objek foto yang menarik untuk diabadikan wisatawan. Selain air terjun dan terasiring, terdapat batu ajaib dan batu siluman yang dapat anda temukan di Desa Wisata Srikemut.
Harga Tiketview jembatan selopamioro bantul yogyakarta
Untuk berfoto dan mengunjungi area Jembatan Gantung Selopamioro tidak dipungut biaya karena merupakan jalan umum yang dapat digunakan oleh semua orang. Namun jika ingin mencoba wisata tubbing atau rafting ban, terdapat paket dengan harga harga per orang Rp. 35.000 dengan minimal pemesanan 5 orang dan maksimal 12 orang.
Lokasi
Jembatan Gantung Selopamioro berada di Dusun Wunut, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jembatan berwarna kuning ini juga merupakan bagian dari Desa Wisata Srikemut.
Fasilitas dan Kuliner
Terdapat toilet dan penginapan yang sudah disiapkan oleh penduduk jika ada wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya di Desa Wisata Srikeminut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati makanan tradisional seperti tiwul dan getuk dengan cara memesannya terlebih dahulu.
Tips Berwisata
  • Karena merupakan wisata outdoor, gunakan pakaian yang nyaman dan santai digunakan untuk berjelajah. Misalnya pakaian yang tidak ribet dan menggunkan alas kaki yang kuat (sandal gunung) dan tidak berhak tinggi. Karena jalan di desa cenderung berbatu, tidak rata dan bahkan licin ketika musim hujan.
  • Jika anda ingin mencoba wisata tubbing ban, pastikan membawa pakaian ganti dan gunakan celana pendek atau celana panjang agar tidak menganggu.
  • Jika anda ingin menginap, pastikan anda melihat-lihat kondisi penginapan terlebih dahulu sebelum memilihnya.
SUMBER : http://wisata.javaindonesia.org/yogyakarta/unik-jembatan-gantung-selopamioro-iconnya-desa-wisata-srikeminut-imogiri-berwarna-kuning/

Tidak ada komentar: