Minggu, 15 Februari 2015

JEMBATAN KARTANEGARA

Jembatan Kartanegara

Jumat, 18 Februari 2011, 02:24:20
photo: pt hutama karya
PT Hutama Karya, BUMN jasa konstruksi, menempatkan Jembatan Kartanegara sebagai salah satu dari tiga 'proyek superior' yang pernah dikerjakannya. Alasannya, jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang 710 meter.

Pemerintah pusat pun setuju kalau proyek jembatan itu dibilang superior. Terutama karena seluruh proses dan desainnya dikerjakan anak negeri. Karena itulah pemerintah lantas memberikan anugerah 'Satya Lencana Pembangunan' untuk proyek tersebut.

Dibangun dari 1995 sampai 2001, Jembatan Kartanegara menghubungkan kota Tenggarong, ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang. Dari Tenggarong Seberang inilah tersambung jalan menuju Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Hanya perlu waktu 30 menit dari jembatan ini menuju Samarinda.

Jembatan Kartanegara, kata Pemkab Kutai Kartanegara, mirip dengan jembatan Golden Gate di San Fransisco. Dan sama seperti Jembatan Suramadu, jembatan ini juga tidak gratis. Kendaraan roda 4 dikenai retribusi Rp 1000,-            SUMBER :indoplaces.com
                                                                                                                                                                                   

Tidak ada komentar: