Jumat, 20 Februari 2015

jembatan cibaruyan

Derasnya arus sungai menyebabkan pondasi Jembatan Cibaruyan, Kabupaten Ciamis, di jalur mudik Selatan ambrol, Kamis (24/7/2014) dini hari tadi. Akibatnya, jalur mudik utama selatan menuju Ciamis-Banjar dan Cilacap dialihkan ke Kota Tasikmalaya.

Jalur utama mudik penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah ditutup total akibat pondasi jembatan Cibaruyan, Ciamis, ambrol tergerus air sungai, Kamis (24/7/2014).  (TribunNews)
Jalur utama mudik penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah ditutup total akibat pondasi jembatan Cibaruyan, Ciamis, ambrol tergerus air sungai, Kamis (24/7/2014). (TribunNews)
Kondisi jembatan tersebut dilaporkan sudah membahayakan, aspal sudah ngegantung, tanpa ada penahan. “Sekarang jalur utama ini ditutup karena aspalnya menggantung dan bawahnya tergerus air,” jelas Kepala Satlantas Polres Ciamis, AKP Yudi Sadikin, di lokasi kejadian, Kamis (24/7/2014) pagi.
Penutupan total jalur selatan ini, sebagaimana dikutip TribunNews, ditujukan untuk menghindari korban jiwa saat kendaraan melintasi jembatan tersebut.
Jalur dari arah Bandung dialihkan
Jalur mudik dari arah Bandung, dialihkan dari Rajapolah menuju Kota Tasikmalaya, kemudian tembus kembali di Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Dari arah Ciamis atau Jawa Tengah, jalur dibelokkan ke kiri di Sindangkasih menuju Kota Tasikmalaya.
“Kita terpaksa ditutup total jalur utama ini. Arus dialihkan ke wilayah Kota Tasikmalaya,” tambah Yudi.
Terkait dengan kondisi Jembatan Cibaruyan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Aef Saefulloh mengatakan, ambrolnya jembatan diduga akibat pondasi terkikis arus sungai yang sangat deras. Soalnya di daerah ini sejak sore kemarin terus menerus diguyur hujan deras. Terlebih terjadi banjir di hulu sungai ini sejak malam kemarin.
“Ditemukan saat itu ada laporan dari PLN. Ada tiang listrik hampir roboh karena terbawa longsor,” ungkap dia.
Sampai berita ini diturunkan, petugas kepolisian bersama pemerintahan setempat masih menutup jalan nasional tersebut. Beberapa petugas terlihat tengah meneliti pondasi jembatan ambrol itu untuk diperbaiki.

SUMBER : http://simomot.com/2014/07/24/pondasi-jembatan-cibaruyan-ambrol-pemudik-dialihkan-ke-tasikmalaya/

Tidak ada komentar: