Sabtu, 14 Februari 2015

JEMBATAN MBEROK semarang

Menilik Jembatan Mberok yang Bersejarah di Semarang

Semarang, Suasana Jembatan Mberok Semarang: Menilik Jembatan Mberok yang Bersejarah di Semarang
May 6th, 2014. Semarang, Menilik Jembatan Mberok yang Bersejarah di Semarang.
Kota semarang hingga saat ini masih dinobatkan sebagai salah satu tujuan kota wisata indonesia yang banyak digemari dan dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Tak heran jikalau perekonomian kota semarang ini tumbuh dengan secara cepat. Tak lepas dari hal itu semua pasti berasal dari sejarah lama yang tak terpisahkan di kota semarang ini. Sejarah mencatat bahwa kota semarang dulunya dijadikan pusat perdagangan oleh bangsa belanda karena mempunyai pelabuhan.
Salah satu tempat wisata yang menarik banyak perhatian dari wisatawan mancanegara yaitu kota tua, terutama wisatawan dari eropa khususnya belanda mempunyai daya tarik yang sangat besar terhadap salah satu bangunan peninggalan nenek moyang mereka ratusan tahun yang lalu. Salah satu hasil karya masa pemerintahan belanda yaitu jembatan mberok yang terletak di jalan pemuda semarang dan menurut sejarah yang ada bahwa kali mberok ini dulunya merupakan jantung kota semarang.
Lokasi jembatan mberok ini sangat strategis dan wisatawan dapat kemana saja dengan mudah dari jembatan mberok ini. Karena dulunya jembatan ini dibuat untuk memudahkan transportasi bagi para pedagang untuk mengantarkan komditas dagangan dari pesisir pantai menuju daratan semarang. Bahkan hingga Laksamana Cheng Ho sempat menggunakan kali mberok ini saat berada di semarang.
Semarang, Bangunan Jembatan Mberok Semarang: Menilik Jembatan Mberok yang Bersejarah di Semarang
Semarang, Suasana Jembatan Mberok Semarang: Menilik Jembatan Mberok yang Bersejarah di Semarang
Semarang, Nuansa Jembatan Mberok Semarang Tempo Dulu: Menilik Jembatan Mberok yang Bersejarah di Semarang
Saat selesai dibuat, pemerintah kolonial belanda memberi nama jembatan ini sebagai jembatan Mberok Gouvernementsburg. Hingga saat ini jembatan mberok ini masih berdiri kokoh dan digunakan media penyeberangan bagi masyarakat kota semarang, hingga sekarang ini jembatan mberok sudah mengalami beberapa kali renovasi karena usia bahan pembuat jembatan sudah rapuh.

Sumber : KOTA WISATA.COM

Tidak ada komentar: