Rabu, 18 Februari 2015

JEMBATAN SULTAN ABDUL JALIL RACHMADSYAH

PERESMIAN JEMBATAN SULTAN ABDUL JALIL RACHMADSYAH KAB. SIAK PDF Print E-mail
Friday, 14 December 2012 16:05
There are no translations available.

Siak (14/12) – Seluruh akses Kabupaten/Kota di Riau telah terhubung satu dengan lainnya baik itu melalui jalan, jembatan maupun roro. Akses penghubung yang telah dibangun menjadikan Riau bebas dari terisolir, terutama daerah yang berada di wilayah pesisir. Jembatan ketiga termegah yang dibangun Pemerintah Kabupaten Siak yang menghubungkan Kecamatan Sungai Apit dan kecamatan Sabak Auh akan diresmikan pemakaiannya tanggal 14 desember pukul 11.45 .
Dalam peresmian jembatan tersebut, Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP meresmikan jembatan yang diberi nama Sultan Abdul Jalil Rachmadsyah di Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh.
Danrem 031/WB Brigjen TNI Teguh Rahardjo juga hadir dalam peresmian tersebut, selain itu juga hadir Danlanal Dumai, Bupati Siak, Bupati Bengkalis, beserta pejabat daerah lainnya.

Pembangunan jembatan ini merupakan komitmen bersama antara Pemerintah Provinsi Riau bersama Kabupaten Siak dengan pembiayaan yang dilakukan secara bersama-sama (budget sharing) dengan porsi 70 persen provinsi dan 30 persen Siak.

Jembatan rangka baja melengkung yang terpanjang di Indonesia tersebut (dengan main span/bentang utama 250 meter) setelah Jembatan Rumpiang di Kalimantan Selatan (dengan main span hanya 200 meter) telah selesai dibangun.

Jembatan yang berlokasi di Desa Sungai Tengah dan Desa Teluk Masjid ini merupakan jembatan terpanjang dan jembatan yang termahal dari ketiga jembatan megah yang ada di Siak bahkan di Riau.  ‘’Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan 1.650 meter, lebar 9 meter, dengan type jembatan arch truss bridge (rangka baja pelengkung, red),”.


SUMBER :  http://www.korem031.mil.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=423%3Aperesmian-jembatan-sultan-abdul-jalil-rachmadsyah-kab-siak&catid=1%3Aberita-tni&Itemid=112&lang=en

Tidak ada komentar: